Uncategorized

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Biru

1. Asal Usul Telaga Biru

Menurut masyarakat sekitar, asal usul Telaga Biru olympus slot di awali di Dusun Lisawa. Dimana air tiba tiba nampak di antara bebatuan hasil pembekuan lahar panas. Air tersebut kemudian tergenang membentuk sebuah telaga, dengan airnya yang berwarna jernih kebiruan di bawah rimbunnya pohon beringin.

Keluarnya air yang terlalu jernih tersebut menyebabkan warga Dusun Lisawa menanyakan tanya dari mana asalnya, apakah itu merupakan berkat atau justru tandanya suatu hal tidak baik dapat terjadi. Apalagi di tempat ini memang selagi itu tetap tergolong sulit air. Sehingga upacara tradisi pun digelar manfaat menguak misteri munculnya telaga kecil tersebut.

Melalui ritual tradisi yang berwujud pemanggilan terhadap roh roh leluhur, diperoleh jawaban bahwa telaga timbul akibat patah hati yang remuk redam hingga meneteskan air mata, mengalir dan jadi sumber mata air. Konon, Telaga Biru ini nampak sebab cerita cinta sepasang kekasih Majojaru dan Magohiduuru. Penduduk Dusun Lisawa pum berjanji dapat menjaga serta pelihara telaga tersebut.

2. Mitos Telaga Biru

Konon nampak sebab kisah cinta princess slot sepasang kekasih, ada mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat tentang telaga ini. Yang mana kebanyakan banyak sekali berkunjung ke telaga untuk saling mengikat janji. Mereka mengambil alih air memakai daun cinga cinga sebagai isyarat ikatan mereka.

Air telaga itu kemudian diminum bersama, selanjutnya sisanya digunakan untuk membersihkan bagian wajah dan kaki. Makna dari prosesi tersebut adalah sehingga tidak ada air yang dapat mengalir dari setiap hubungan dan ikatan janji antara sepasang kekasih. Meski tidak diketahui kebenarannya, banyak yang berkunjung untuk mencoba mitos ini.

3. Air Telaga Jernih dan Menyegarkan

Terlepas dari asal usul dan mitosnya, Telaga Biru Halmahera benar benar layak dikunjungi. Karena telaga ini mempunyai air yang begitu jernih dan menyegarkan. Karena tidak digunakan untuk berenang, kamu pun bisa mencoba meminum air telaga yang tawar tersebut. Kesegarannya dijamin dapat melepas dahaga kala kamu sedang haus di siang hari.

Telaga Biru sendiri memang sejak pernah tidak digunakan untuk berenang. Pasalnya belum ada yang paham dengan pasti berapa kedalaman telaga tersebut. Konon, lebih-lebih kedalaman telaga ini lebih dalam dari laut. Itulah mengapa pengunjung yang berkunjung cuma mengambil alih airnya untuk dikonsumsi atau sekadar menikmati indahnya sajian panorama di sana.

4. Tempat yang Rindang untuk Beristirahat

Bukan cuma air jernih dan berikan kesegaran saja yang jadi daya tarik dari Telaga Biru. Namun wilayah ini bisa jadi tempat beristirahat yang prima untuk melepas penat dari kegiatan sehari hari. Sebab setibanya di destinasi, kamu dapat disambut dengan pepohonan lebat nan rindang khas hutan.

Keberadaan pepohonan yang rindang tersebut menyebabkan udara merasa sejuk dan situasi terlalu teduh. Sehingga kamu bisa menikmati keindahannya dengan nyaman meski pada siang hari yang terik. Apalagi di kira-kira telaga terdapat lereng penuh dengan seresah daun. Terkadang burung dapat hinggap dan berkicau di seresah daun tersebut, jadi latar musik yang merdu sambil menikmati keindahan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + five =