Uncategorized

Lima Kulineran Unik Bondowoso yang Ternama, Ketarik Untuk Coba?

Bondowoso diketahui satu diantaranya tamasya alamnya, adalah Kawah Ijen. Tapi, Bondowoso pula punyai beberapa jenis kulineran yang sayang kalau tidak dicoba.
Kulineran yang sangat populer di Kabupaten Bondowoso merupakan Tape. Kecuali tape, Bondowoso pula punyai makanan unik lain seperti Surma, Nasi Mamong, serta yang lain.

Tape Manis

Tape memanglah sudahlah banyak diketahui jadi makanan unik Bondowoso. Makanan ini dibikin dari singkong yang difermentasikan ragi. Rasa Tape dari Bondowoso punyai rasa yang semakin lebih legit serta keset. Tape biasa dikemas pada besek dari bamboo yang dialasi daun pisang. Belum https://penapelajar.com/ dimaksud bertandang ke Bondowoso kalau belum rasakan legitnya Tape unik Bondowoso.

Surma

Surma memilliki wujud yang serupa dengan makanan unik Timur tengah adalah Kebab. Surma dibikin dari daging cincang sama tambahan sayatan jagung. Tidak hanya itu, juga ada sayatan sayur-sayuran seperti tomat, timun, dan ditambakan saos, an dikemas kulit memiliki bahan dasar tepung.

Nasi Mamong

Kulineran unik Bondowoso sesudah itu adalah Nasi Mamong. “Mamong” dengan bahasa Indonesia bermakna “Kebingungan”. D ikutip daari sumber-sumber, disebut Nasi Mamong lantaran orang akan kebingungan dengan ada banyak lauk sedap yang disediakan berbarengan dengan Nasi Mamong. Juga ada yang memiliki anggapan kalau disebut Nasi Mamong lantaran pembikinannya yang perlu waktu sehari semalaman.

Nasi ini berbantuk kerucut dengan tinggi lebih kurang 10cm seperti tumpeng vs mini. Nasi Mamong datang dari olahan nasi dengan gabungan santan, sereh, daun jeruk, serta daun salam. Isian dari Nasi Mamong sangatlah banyak ragam, seperti ayam, teri, serta daun singkong yang dioseng.

Es Tapai Ngambeng

Lantaran Bondowoso diketahui Kota Tape, karena itu tidak bertanya-tanya kalau sangat banyak olahan tape yang berada pada Bondowoso. Satu diantaranya olahan sebagai kulineran unik Bondowoso adalah Es Tapai Ngambeng.

Es Tapai Ngambeng merupakan santapan yang pas untuk jadi takjil. Minuman ini dibikin dari gabungan air gula aren serta sedikit air kapur sirih, selanjutnya diguyurkan ke tape singkong yang udah dibelah kecil-kecil. Air kapur sirih berfungsi biar Tapai tidak benyek waktu bergabung beserta air.

Rujak Gobet

Rujak satu diantara makanan yang benar-benar ternama dikelompok orang Indonesia. Kabupaten Bondowoso punyai rujak unik wilayahnya sendiri adalah, Rujak Gobet.

Rujak Gobet dibikin dari buah-buahan yang digobet atau diserut yang diolesi denga bumbu rujak yang banyak. Bumbu rujak Bondowoso datang dari gabungan kacang serta petis. Tidak hanya itu, kekhasan dari Rujak Gobet merupakan tersedianya singkong atau ubi jalar serta pisang kluthuk sebagai material dasarnya. Rujak ini punyai cita-rasa asam, pedas, manis, serta renyah yang bisa membangunkan hasrat siapa-siapa saja yang mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =