Uncategorized

Inilah Daftar Makanan Khas Jakarta yang Enak dan Wajib Dicoba

Jakarta, ibu kota Indonesia, terkenal dengan warisan budayanya yang kaya, jalanan yang ramai, dan tentunya makanannya yang lezat. Deretan kuliner Jakarta yang beragam menawarkan berbagai macam rasa dan hidangan yang pasti menggoda selera penduduk setempat dan pendatang. Mulai dari kerak telor hingga nasi uduk yang harum, makanan khas Jakarta wajib dicoba bagi siapa pun yang ingin menjelajahi budaya makanan kota ini.

Kerak Telor

Makanan khas Betawi yang satu ini terbuat dari beras ketan putih dan telur ayam atau bebek yang dibakar slot bet 100 sampai mengerak di atas tungku arang khusus. Setelah matang, kerak telor akan diberi tambahan serundeng kelapa, ebi goreng, bawang goreng, dan berbagai rempah-rempah lainnya yang semakin memperkaya rasa. Cara pembuatan kerak telor ini juga cukup unik karena saat telur telah menjadi setengah matang, maka wajan akan dibalik sehingga akan terkena bara api langsung. Tak heran, banyak pembeli yang suka menonton sang penjual yang sedang mengolah kerak telor. Karena kelezatan dan keunikannya, kerak telor menjadi salah satu makanan khas Betawi yang terkenal di seluruh Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Setiap Pekan Raya Jakarta, kerak telur pun menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-ditunggu. Kamu akan dengan mudah menemukan penjual kerak telur di sepanjang jalan Kemayoran saat Pekan Raya Jakarta (PRJ), yaitu pada sekitar bulan Juni setiap tahunnya. Namun, jika tidak sabar menunggu hingga gelaran PRJ, kamu bisa mendatangi kampung budaya Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Selain di Setu Babakan, kamu juga bisa mencicipi kerak telor di kawasan Menteng, tepatnya di Jl. H.O.S. Cokroaminoto di seberang Keris Gallery.

Asinan Betawi

Asinan Betawi berisi sawi, kol, tauge, tahu putih, selada, dan taburan kacang tanah goreng. Asinan disiram dengan campuran kuah kacang, cuka dan cabai serta disajikan bersama kerupuk. Makanan khas Jakarta yang melegenda ini merupakan kuliner yang sangat terjangkau mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu.

Nasi Uduk

Setiap orang yang tinggal Jakarta pasti akan sangat familiar sekali dengan nasi uduk. Panganan satu ini menjadi salah satu menu sarapan wajib bagi warga Jakarta. Nasi uduk ini terbuat dari beras putih yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah seperti santan, daun serai, daun salam, daun jeruk, dan garam. Rasanya? Jangan ditanya lagi, gurih dan lezat. Biasanya nasi uduk ini dimakan dengan tambahan lauk seperti telur dadar, ayam goreng, empal, perkedel, atau semur jengkol. Salah satu kedai yang menjual makanan khas DKI Jakarta ini adalah Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani. Meskipun banyak kedai serupa di wilayah Kebon Kacang, menurut warga setempat, nasi uduk kebon kacang yang asli adalah kedai miliki Zainal Fanani.

Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan khas Jakarta yang melegenda. Bahan dasarnya adalah tahu, mentimun, kecambah, bihun. Kamu bisa menambahkannya dengan telur goreng dan ketupat sesuai selera. Semua bahan tersebut dilengkapi oleh saus kacang yang sudah dihaluskan dan kecap manis. Jangan lupa kamu bisa menggunakan emping atau kerupuk untuk menambah sensasi renyah ketika dikunyah.

Kue Geplak

Kue geplak terbuat dari beras pera yang digiling hingga menjadi tepung dan disangrai. Tepung ini kemudian dicampur dengan kelapa sangrai dan gula pasir cair sampai mengental dan padat. Makanan khas Jakarta yang melegenda ini biasanya hadir dalam bentuk balok dan bisa ditemui di toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 5 =